Bagi kamu pelaku usaha yang sedang merintis, tidak jarang menemukan hal-hal baru yang perlu dilakukan pengembangan produk agar lebih dikenal. Selain memberikan kelebihan produk agar lebih dikenal, sebuah desain packaging yang menarik juga memiliki dampak yang cukup kuat. Dari kemasan yang baik bisa memberikan impresi tersendiri bagi seorang konsumen.
Impresi yang ditimbulkan beragam, setiap produk memiliki bentuk kemasan yang berbeda. Packaging produk elektronik berbeda dengan kemasan produk kosmetik, packaging barang elektronik akan dibuat seaman mungkin untuk mencegah barang rusak, sebuah kosmetik akan mengedepankan kemasan yang estetik dan menarik untuk dilihat.
Desain packaging tidak sebatas gambar yang tercetak di bagian luar, namun serangkaian pengalaman yang dirasakan seorang konsumen. Mulai dari desain gambar kemasan yang menarik saat dilihat, kemudahan saat membuka kemasan, hingga keamanan produk didalamnya dalam kondisi sempurna.
Sebagai penjual tidak mungkin dapat bertemu langsung dengan konsumen satu persatu untuk menjelaskan kelebihan produk yang ditawarkan. Packaging adalah salah satu cara untuk membangun kepercayaan konsumen, memberikan pengetahuan kepada konsumen sehingga terbangun rasa percaya.
Berikut beberapa tipsnya:
1. Menentukan bahan yang cocok dengan produk
Jika kamu ingin menjual makanan dan ingin mengirim produk kamu keluar kota hal yang perlu dipastikan adalah kondisi makanan tersebut. Saat makanan sampai ditangan konsumen makanan dalam keadaan baik untuk dimakan, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan yaitu bahan kemasan yang digunakan.
Sebuah makanan akan awet jika ditaruh dalam kemasan kaleng dibanding dengan plastik apalagi kardus. Jika pertimbangan kaleng akan lebih berat, aluminium foil yang lebih ringan bisa jadi opsi tambahan untuk dipertimbangkan.
2. Ukuran packaging disesuaikan dengan produk
Pastikan saat kamu membuat desain pastikan ukuran sesuai dengan produk. Jangan sampai ukuran salah sehingga tidak muat untuk barang atau bahkan terlalu besar. Bila kita lihat beberapa produk di supermarket, kebanyakan netto atau berat bersih berbeda dengan berat keseluruhan. Hal itu karena sebuah produk juga perlu diberikan ruang.
Sebuah snack makanan ringan kita sebut saja piattos, saat membeli kesan packaging penuh dengan udara dan isinya sedikit. Hal itu sebenarnya memiliki tujuan, selain untuk memberikan kesan produk yang besar namun juga untuk menjaga kualitas makanan di dalamnya. Udara mencegah makanan dari kerusakan dan senyawa yang merusak kualitas makanan.
3. Mencantumkan informasi pada packaging
Tujuan utama desain adalah komunikasi, usaha untuk menyampaikan informasi dalam bentuk visual. Konsumen memiliki hak untuk mengetahui produk yang ia beli, bagi seorang produsen atau penjual informasi diperlukan untuk memperkenalkan nilai dan kelebihan produk kepada konsumen.
Informasi yang disampaikan dengan baik adalah yang mudah dibaca dan dimengerti secara singkat dan padat. Desain packaging tidak penuh dengan gambar-gambar penghias yang terlalu banyak, justru yang perlu ditonjolkan terkait informasi produk, cara menggunakan produk, jika makanan tenggat waktu expired makanan bisa dimakan.
4. Desain yang menarik
Jika ingin mencari tahu apakah desain yang kita buat menarik, coba kamu berikan hasil desain yang kamu buat kepada teman atau rekan dan tanya tentang pendapat mereka. Namun secara umum ada tiga hal yang mempengaruhi packaging yang menarik.
- Warna
Sesuaikan warna desain yang kamu buat untuk produk kamu dengan identitas produk, sebagai contoh produk makanan pedas biasanya menggunakan warna merah untuk memberikan kesan api, panas, pedas. Jika produk yang ditawarkan terkait barang untuk kebutuhan bayi biasanya menggunakan warna biru yang lebih kalem.
- Gambar
Seorang konsumen akan dengan mudah mengetahui produk dalam kemasan jika desainnya menampilkan produk tersebut, tidak mungkin konsumen harus membuka dahulu untuk mengetahui isinnya.
- Keunikan
Pastikan desain yang kamu buat adalah original, jangan sampai packaging yang kamu buat desainnya mirip dengan produk lain. JIka mirip dengan produk lain ada dua kemungkinan mengalami kerugian atau keuntungan.
Tulisan ini secara singkat tidak membahas cara yang spesifik bagaimana membuat desain packaging yang baik, namun lebih kepada esensi dan hal-hal dasar yang perlu diperhatikan ketika kita sebagai penjual atau produsen ingin membuat sebuah packaging. Hal yang sering luput dari esensi utama packaging yang seharusnya lebih diperhatikan.
Jangan lupa baca : Intip 5 Ide untuk Desain Logo Simple