Masa kini sering kita melihat produk-produk yang menjadikan logo sebagai ciri khas mereka. Logo yang menarik dan unik pada sebuah merek bisnis akan memberikan impresi yang membekas bagi konsumen sebagai audiens desain tersebut. Mungkin masih banyak yang bingung apa itu desain logo, apa yang membedakan desain logo dengan desain lainnya.
1. Pentingnya Logo dalam Identitas Bisnis
Dalam era digital yang semakin berkembang, desain logo memiliki peran yang sangat penting dalam membangun citra bisnis dan meningkatkan visibilitas secara online. Logo yang dirancang dengan baik tidak hanya mencerminkan identitas bisnis, tetapi juga harus mempertimbangkan agar dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari. Kita cari tau apa itu desain logo.
2. Mengapa logo penting dalam dunia bisnis?
Seperti halnya dengan manusia, sebuah bisnis juga memiliki identitas. Manusia memiliki nama, wajah, sidik jari dan sebagainya sebagai identitas. Sehingga dari situ dapat membedakan antara manusia yang satu dengan yang lainnya. Dalam dunia bisnis sebuah merek atau brand harus memiliki identitasnya sendiri. Logo menjadi salah satu bentuk identitas yang menonjol.
Saat sebuah brand memiliki logo maka itu menjadi pembeda dengan brand lainnya. Apa itu logo sebuah brand kosmetik, atau merek sebuah perusahaan elektronik. Kita akan dengan mudah membedakannya hanya dengan melihat logo dan mendengar namanya. Maka, peran logo sebagai identitas sebuah bisnis penting untuk membangun impresi konsumen dan audiens.
3. Logo sebagai representasi visual nilai dan identitas bisnis.
Sebagai bentuk representasi yang mewakilkan sebuah bisnis, maka membuat sebuah logo yang unik dan berkarakter menjadi sebuah unsur yang penting. Ada beberapa jenis logo sesuai dengan bentuknya. Apa itu desain logo yang menggunakan huruf atau desain logo yang menggunakan bentuk dan gambar yang paling ditonjolkan.
Ada banyak jenis logo, namun secara umum bisa dibedakan menjadi dua jenis. Logotype yaitu logo yang menggunakan huruf-huruf dengan bentuk unik. Sedangkan logo icon adalah logo yang menggunakan gambar atau bentuk grafis lainnya. Apa itu desain logo yang cocok untuk bisnismu. Bisa jadi logotype atau logo icon disesuaikan dengan identitas dan target market.
4. Kesederhanaan dalam Desain
Kesederhanaan dalam desain logo menjadi unsur utama yang tidak boleh diabaikan. Logo yang sederhana cenderung lebih efektif dalam berkomunikasi dengan audiens. Desain yang rumit dapat menyebabkan kebingungan dan sulit diingat oleh audiens dan target market. Coba bayangkan apple pasti yang terbayangkan adalah logo apel yang terpotong.
5. Proses Kreatif Desain Logo
Dibalik logo-logo yang unik dan kreatif ada proses yang sangat panjang. Riset perlu dilakukan sebelum diproses dan diaplikasikan dalam bentuk digital. Perlu ditentukan apa itu desain logo yang cocok untuk bisnis kita. Perlu mencari lebih dalam identitas merek yang akan dibuatkan logo. Sehingga logo tersebut bisa menjadi interpretasi merek.
Para desainer logo biasanya melakukan riset lebih panjang daripada membuat gambar dalam bentuk digital. Melakukan riset bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Hal ini ditujukan agar konsep logo dengan identitas merek sama. Pesan yang ingin ditunjukan sebagai identitas sebuah brand dapat terlihat pada logo.
Kita sudah mengetahui apa itu desain logo secara definitif yang dijelaskan sebelumnya, sekarang mari kita cari tahu bersama tahapan-tahapan apa yang perlu dilakukan sebelum kita membuat desain logo yang tepat. Sehingga nantinya logo yang dibuat memiliki karakter yang kuat dan unik sesuai dengan identitas brand.
-
Membuat sebuah konsep
Logo yang dibuat untuk bisnis pasti ditujukan sesuai dengan target audiens atau target konsumen brand. Untuk itu kita perlu mencari tahu siapa target audiens sebelum kita melakukan desain logo. Bisa dilakukan dengan membuat moodboard disitu kita merumuskan konsep-konsep desain yang muncul sebagai pemantik ide logo yang akan dibuat.
Sebagai seorang desainer logo yang melayani klien kita juga harus melibatkan klien dalam proses revisi adalah langkah penting untuk memastikan logo akhir sesuai dengan visi mereka. Umpan balik dari klien membantu menyempurnakan logo agar lebih cocok dengan identitas bisnis. Bisa ditanyakan apa itu desain logo yang diinginkan oleh klien.
-
Bentuk dan warna sesuai identitas
Secara psikologis bila manusia melihat warna-warna tertentu akan memberikan kesan tersendiri. Secara umum disebut dengan psikologi warna, beberapa warna merepresentasikan perasaan dan kesan tertentu. Sebut saja warna putih, maka impresi yang muncul adalah kesucian, bersih, percaya dan terbuka. Begitu juga dengan warna lainnya.
-
Menentukan font yang tepat
Bentuk tulisan tersebar sangat banyak di internet, kita bisa mencari jenis-jenis font dengan karakternya masing-masing. Lihat terlebih dahulu kebutuhan kita, apa itu desain logo jenis logotype dimana jenis tulisan sebagai kekuatannya. Sedangkan logo icon juga tetap membutuhkan tulisan terkadang untuk memudahkan audiens mengenal brand kita.
Artikel Lainnya : Buat Desain Logo AI Gratis atau Buat Sendiri