8 Cara Agar Konten Tiktok Kamu Bisa FYP Setiap Hari

8 Cara Agar Konten Tiktok Kamu Bisa FYP Setiap Hari

Siapa nih yang setiap hari bikin konten Tiktok tapi gak pernah FYP (For Your Page)? Kamu nggak sendirian! nyatanya banyak sekali kreator Tiktok yang menginginkan konten mereka ditonton oleh jutaan orang. Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika konten kamu berhasil masuk FYP.

Meskipun tidak ada formula yang bisa menjamin konten kamu termasuk konten terbaik yang masuk di halaman beranda orang lain setiap hari, namun ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar dilihat banyak orang lho. Yuk simak 8 cara ini agar konten Tiktok kamu bisa FYP terus!

1. Selalu Update Trend Konten Tiktok

Siapa nih yang setiap hari bikin konten Tiktok tapi gak pernah FYP (For Your Page)? Kamu nggak sendirian! nyatanya banyak sekali

Kamu bisa menemukan konten Tiktok yang sedang trend di tab discover. Tab discover tiktok adalah fitur yang disediakan untuk memberikan rekomendasi konten yang mungkin sesuai dengan minat, preferensi, atau trend terkini yang sedang viral.

Selain itu dengan metode scrolling tiktok di FYP kamu, nanti akan muncul konten-konten tertentu yang sedang viral di kalangan kreator. Jangan lupa juga untuk follow kreator-kreator Tiktok yang kontennya sering FYP. Dengan mengikuti mereka, kamu bisa dengan mudah menemukan konten teraru dan tren yang sedang viral.

Adapun tren tiktok yang saat ini sedang viral adalah video dance, kata-kata yang relate dengan kehidupan, story telling, kisah inspiratif, a day in my life, review makanan, dan masih banyak lagi. Namun tren tersebut cepat sekali berubah, tinggal bagaimana kamu bisa ambil momen yang pas dan voila konten kamu bisa FYP!

Baca Juga: Membongkar Algoritma: 4 Cara Memahami Bagaimana Media Sosial Bekerja

2. Cantumkan Hashtag Viral di Caption

Siapa nih yang setiap hari bikin konten Tiktok tapi gak pernah FYP (For Your Page)? Kamu nggak sendirian! nyatanya banyak sekali

Penggunaan hashtag sering kali disepelekan padahal termasuk salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Sesuaikan hashtag dengan konten yang akan kamu upload dan jangan berlebihan.

Biasanya hashtag yang paling sering digunakan untuk semua konten Tiktok adalah #FYP #Foryourpage #fypchallenge #masukberanda #viral #lagitren #fypindonesia dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan hashtag yang sedang tren dan populer di Tiktok, kamu dapat meningkatkan peluang agar konten kamu bisa muncul di FYP dan dilihat oleh banyak pengguna lainnya.

3. Gunakan Sound yang Sedang Viral

Penggunaan sound atau audio yang sedang viral bisa juga memberikan peluang bagi konten kamu agar FYP. Kamu bisa gunakan sound viral yang digunakan oleh kreator lainnya pada halaman FYP di akun Tiktokmu.

Dengan menggunakan audio viral yang banyak digunakan oleh orang lain maka kemungkinan besar konten Tiktok kamu setidaknya akan dijangkau oleh banyak orang dan akhirnya bisa FYP.

4. Buat Konten yang Berkualitas

Pastikan konten yang kamu buat adalah video atau foto yang berkualitas agar menarik perhatian banyak orang. Ada banyak faktor suatu video bisa dikatakan berkualitas. Mulai dari resolusi, angle, lighting hingga teknik editing yang kreatif.

Agar video yang kamu buat berkualitas, maka kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini:

  • Setting Kamera

Gunakanlah kamera dengan resolusi yang tinggi baik itu kamera ponsel atau kamera digital agar menghasilkan gambar atau video yang jelas dan tajam. Selain itu untuk membantu menjaga kestabilan, kamu bisa menggunakan tripod atau gimbal sehingga konten kamu akan terlihat lebih profesional.

  • Teknik Editing

Kreativitas sebuah video juga menjadi faktor yang penting untuk meningkatkan daya tarik konten kamu. Manfaatkan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi editing baik dari Tiktok langsung ataupun aplikasi lainnya seperti Capcut, VN, atau Inshot untuk menambahkan efek, transisi, ataupun menambahkan teks yang menarik.

Jangan lupa untuk perhatikan tempo dan ritme yang sesuai dengan musik agar feel yang didapatkan lebih terasa.

  • Lighting

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah pencahayaan atau lighting. Usahakan untuk merekam konten di tempat yang terang atau mendapat cahaya matahari secara langsung. Selain itu kamu bisa gunakan cahaya tambahan seperti ring light atau lampu studio agar lebih menyeluruh.

5. Posting di Jam Tertentu

Siapa nih yang setiap hari bikin konten Tiktok tapi gak pernah FYP (For Your Page)? Kamu nggak sendirian! nyatanya banyak sekali

Selain membuat video yang berkualitas, kamu juga harus memperhatikan jam posting, alangkah baiknya jika posting di prime time.

Dilansir dari berbagai sumber, dijelaskan bahwa prime time sangat bervariasi. Secara umum, jam terbaik untuk memposting video agar FYP saat pagi hari adalah jam 09.00 – 11.00 WIB sedangkan untuk sore hari mulai pukul 15.00 – 17.00 WIB dan Malam hari pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Jika kamu coba jadwal posting diatas maka kemungkinan konten Tiktok kamu bisa FYP.

6. Manfaatkan Fitur Duet dan Stitch

Dengan memanfaatkan fitur diet dan stitch kamu bisa berkolaborasi dengan kreator lain. Hal ini termasuk cara yang bagus untuk menjangkau audience dan meningkatkan eksposur. Pastikan kamu memilih kreator yang populer dan sering FYP untuk di stitch.

Fitur stitch berguna agar kamu terhubung dengan video-video yang sudah masuk FYP.

7. Pastikan Kamu Selalu Aktif dan Berinteraksi

Siapa nih yang setiap hari bikin konten Tiktok tapi gak pernah FYP (For Your Page)? Kamu nggak sendirian! nyatanya banyak sekali

Jangan hanya scroll tiktok saja, tapi kamu juga harus secara aktif berinteraksi dengan pengguna lain dengan komen, like, atau share konten Tiktok dari pengguna lain. Dengan begitu kamu dapat meningkatkan muncul di FYP mereka.

Selain dari aspek teknis, keaktifan kamu di Tiktok juga menunjukkan kepada algoritma bahwa akun kamu aktif dan membawa pengaruh positif bagi pengguna lain. Dengan begitu Tiktok akan cenderung lebih memprioritaskan konten kamu untuk ditampilkan di FYP.

8. Konsisten dan Jangan Menyerah

Umumnya akun yang sering FYP adalah akun yang konsisten upload video secara teratur setiap harinya. Konsistensi dalam posting akan membantu membangun basis penggemar yang setia dan memperkuat kredibilitas kamu sebagai kreator.

Konten Tiktok yang FYP mungkin memerlukan waktu dan kesabaran, jadi tidak ada salahnya jika kamu tetap konsisten. Karena siapa tahu salah satu dari sekian banyak konten kamu bisa viral. Jangan menyerah dan teruslah belajar membuat konten yang menarik.

Baca Juga: 3 Tips Relevan Membangun Bisnis Untuk Pemula

Itulah cara agar konten Tiktok kamu bisa FYP dan ditonton oleh banyak orang. Jika kamu bisa terus konsisten upload setiap hari dan menyajikan konten yang menarik, pasti akan ada konten kamu yang masuk FYP. Jadi tetap semangan ngonten ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami