Social Media Marketing (SMM) adalah salah satu strategi pemasaran yang beragam dan memanfaatkan platform media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan produk atau layanan. SMM telah menjadi sangat populer dalam berbagai jenis bisnis.
Hal ini disebabkan oleh efisiensi yang lebih tinggi yang dimiliki oleh social media marketing dibandingkan dengan jenis pemasaran konvensional lainnya. Dalam era digital saat ini, SMM dapat membantu perusahaan meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan konsumen, dan penjualan secara online.
Namun, sebelum mengadopsi SMM, penting untuk memahami apa itu Social Media Marketing dan manfaatnya bagi bisnis. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silakan baca artikel di bawah ini.
Apa Itu SMM?
Secara sederhana, social media marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.
Namun, konsep ini memiliki makna yang lebih luas. Menurut Hubspot, social media marketing melibatkan pembuatan konten yang bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat.
Sementara menurut Neil Patel, social media marketing adalah proses untuk menarik perhatian orang dan membuat mereka terlibat dengan konten yang disajikan. Ketika mereka terlibat, kemungkinan konten tersebut akan lebih banyak dibagikan.
Baca juga: Tips, Contoh, dan Aplikasi Buat Desain Konten Instagram
Strategi Social Media Marketing
Dalam social media marketing strategi, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar bisa maksimal.
- Perlu lakukan riset terlebih dahulu sebelum emmulai, dan jangan lupa lakukan audit evaluasi media sosial.
- Tetapkan metrics atau ukuran kesuksesan yang ingin diraih dalam pemasaran ini.
- Perlu terlebih dahulu mempelajari selera target pasar yang ingin dimasuki.
- Platform yang dituju juga harus ditentukan, karena setiap platform memiliki keunikan tersendiri.
- Konten yang menarik jadi senjata utama dalam pemasaran ini dan harus melakukan riset terlebih dahulu untuk membuat konten tersebut.
- Kerja sama dengan influencer sangat dianjurkan untuk memperluas jangkauan pemasaran.
- Penjadwalan waktu kapan pemasaran akan dilakukan secara detail juga akan membantu pemasaran ini tepat sasaran.
- Memanfaatkan tools ads dari media sosial juga bisa dilakukan agar maksimal.
- Evaluasi dan controlling tetap harus dilakukan untuk bisa menghasilkan data-data yang akurat.
Platform Media Sosial Populer
Saat ini, ada banyak platform media sosial. Dalam menjalankan pemasaran harus dilihat dan dimengerti di mana target pasar berada, atau di sosial media apa target pasar tersebut berada.
Facebook, Instagram, Pinterest, LinkedIn, Snapchat, Twitter, WhatsApp, TikTok, hingga Reddit menjadi beberapa media sosial yang banyak digunakan saat ini. Pemilihan media sosial yang tepat akan sangat menentukan berhasil tidaknya social media marketing, karena setiap media sosial punya pasar dan pengguna yang berbeda-beda. Bahkan untuk reporting dan monitoring progress kita bisa memanfaatkan aplikasi omni channel yang dapat menyatukan semua platform sosial media.
Contoh Social Media Marketing
Saat ini, ada banyak model yang bisa dilakukan. Untuk iklan atau ads contohnya, iklan video dan gambar di Instagram dan YouTube menjadi contohnya. Selain itu, bisa juga marketing tidak menggunakan ads dari platform media sosial, tetapi menggunakan jasa influencer di TikTok ataupun Instagram untuk mengiklankan produk.
Baca juga: Ini 10 Tema Feed Instagram yang Bikin Feedmu Makin Keren!
Manfaat Social Media Marketing
Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:
- Akan selalu teringat oleh orang, dengan selalu menyajikan konten secara reguler, membuat orang FOMO (Fear of Missing Out).
- Bisa mendapatkan ide konten baru hasil dari engagement dari pelanggan.
- Membuat reputasi menjadi lebih baik dengan selalu menerima dengan baik pertanyaan, feedback, dan keluhan pelanggan.
- Dari kemampuan ads media sosial, jadi bisa mengetahui pasar yang tepat untuk produk.
- Sosial media juga bisa jadi penghasil pendapatan yang efektif bagi sebagian produk.
Wah ternyata banyak sekali ya manfaat dari social media marketing, yuk jangkau lebih banyak pembeli dengan layanan digital marketing PT Otak Kanan.
Tujuan Social Media Marketing
Ada banyak tujuan tergantung apa yang ingin dicapai dalam social media marketing tersebut. Berikut ini beberapa di antaranya:
- Pemasaran dalam bentuk ini bisa meningkatkan penjualan secara signifikan.
- Membangun minat pelanggan terhadap suatu produk sekaligus membangun kesadaran merek dengan konten yang terus menerus.
- Bisa memperluas target pasar sekaligus mendapatkan konsumen baru.
- Dibanding pemasaran konvensional, pemasaran digital kadang lebih murah soal biaya.
- Selain itu, bisa juga pemasaran digital menjadi CRM alias Customer Relationship Management dari satu perusahaan.
Kesimpulan
Social Media Marketing (SMM) adalah strategi pemasaran populer melalui platform media sosial. SMM ini sangat efisien dan dapat meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan konsumen, dan penjualan online.
Penting untuk memahami SMM sebelum menggunakannya dalam bisnis. Jangan lupa pilih platform media sosial yang tepat dan terapkan strategi SMM dengan baik untuk mencapai hasil yang diinginkan.