Sering kita jumpai iklan-iklan di berbagai media. Desain digunakan dalam iklan media cetak atau media digital seperti iklan di instagram, google ads atau yang tersebar di website-website dan platform. Namun perlu diketahui, selain media penyebarannya desain grafis juga memiliki jenisnya, contoh desain grafis sederhana
Contoh desain grafis sederhana, sebenarnya hanyalah konsep sederhana pada sebuah desain. Bisa disebut secara simpel adalah desain yang sederhana. Secara kalimat memang sangatlah mudah untuk dipahami, namun sebenarnya dalam praktiknya membuat sebuah desain grafis sederhana tidak semudah yang terdengar.
Tetapi perlu diingat, bukan berarti hal itu sangatlah sulit sehingga tidak bisa dipelajari. Maka, kali ini bakal kita ulas tuntas tentang desain sederhana, secara spesifik untuk sebuah iklan produk
Kelebihan Desain Sederhana
Prinsip hidup minimalis akhir-akhir ini menjadi preferensi kebanyakan orang, hal itu dikarenakan dunia yang serba cepat saat ini manusia lebih senang dengan sesuatu yang mudah. Contoh desain grafis sederhana adalah yang simpel. Salah satu alasan itu yang membuat desain simple sering menjadi pilihan bagi seorang desainer.
Sebuah desain yang simpel dan sederhana memberikan kemudahan bagi audiens yang melihat iklan produk kamu, pesan yang diberikan tersampaikan dengan baik. Memberikan kemudahan juga bagi seorang desainer dalam membuatnya.
Prinsip Sederhana itu Simpel
Ketika ingin menggaet konsumen lewat sebuah iklan produk kamu, Contoh desain yang sederhana memiliki daya tarik tersendiri. Selain memberikan kesan simpel, mudah. Kesan elegan juga terasa ketika kesederhanaan dalam arti adalah simpel. Sederhana dalam hal desain grafis bukan berarti seadanya, justru bermakna simpel dan elegan.
Sebuah desain yang simpel merupakan kombinasi dari prinsip pada umumnya, mulai dari pemilihan jenis tulisan, memilih warna yang sesuai, serta terdapat beberapa gambar atau ilustrasi sebagai unsur pendukung.
Pilihan Warna yang Cocok
Memilih warna yang cocok seringkali menjadi kendala dalam membuat desain, apalagi sebuah desain yang simpel. Kamu bisa lakukan beberapa hal ini untuk menentukan sebuah warna secara tepat lakukan beberapa hal.
- Pastikan tujuan dan pesan desain yang dibuat, seperti iklan produk
- Sesuaikan warna dengan tema atau suasana desain iklan produk anda, produk makanan, perawatan kecantikan, jasa tata rias dan sebagainya.
- Tentukan satu warna utama
- Lakukan riset untuk mencari kombinasi warna utama dengan warna lainnya, bisa melihat kombinasi dari pinterest atau dengan adobe color.
- Pilih warna sekunder dengan teori warna, seperti triad, complementary, monochromatic dan lain sebagainya.
Tipografi dan Penulisan
Pemilihan tipografi atau jenis tulisan juga terbilang tricky. Hanya ada dua sifat tipografi, serif atau sanserif. Cukup kamu pegang prinsip kedua sifat tersebut, ketika membuat desain berkesan sederhana modern kamu bisa menggunakan san serif. Ketika kamu akan membuat sebuah desain yang cukup serius dan formal, bisa gunakan serif.
Perlu diperhatikan,pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Dengan banyaknya pilihan font di internet sebuah font juga harus disesuaikan dengan desain. Font yang tersebar sangat unik, namun perhatikan copyright. Penggunaan untuk personal atau bisnis, kamu bisa lihat beberapa pilihan dari contoh desain grafis sederhana yang ada dari sisi jenis tipografi yang dipakai.
Prinsip desain grafis sederhana selaras dengan kesederhanaan penulisan kalimat. Desain yang sederhana juga tidak memberikan kata yang terlalu panjang dan rumit. Gunakan kalimat sederhana, mudah dipahami. Prinsip singkat, padat dan jelas bisa dijadikan patokan.
Gambar yang Sesuai
Sebagai pemanis desain agar lebih menarik, gambar-gambar ilustrasi sangat boleh dimasukan. Menambahkan gambar yang sesuai dengan tema, berupa ilustrasi 3D yang sekarang sedang marak, gambar kartun, foto model dan sebagainya.
Contoh dalam sebuah desain sederhana di iklan produk-produk yang sering muncul di Instagram ataupun platform lain. gambar didalam desain tersebut tidak menghalangi pesan yang disampaikan. Jumlah banyak atau sedikit bersifat relatif. Prinsip yang perlu ditekankan selama gambar itu tidak membelokan pesan atau informasi yang disampaikan.
Tambahkan produk yang akan kamu pasarkan pada desain iklan produk kamu, pastikan gambar yang digunakan berkualitas baik sehingga gambar tidak pecah bahkan buram.
White Space
Banyak sekali yang tidak paham dengan konsep ini, white space bisa dipahami sebagai ruang bernafas. Desain yang simpel dan baik, ketika antara elemen desain seperti tulisan, gambar tidak saling berdekatan. Berikan ruang-ruang kosong yang seakan memberikan ruang bernafas bagi audiens yang melihat iklan produk kamu.
Lihat artikel lain : Yuk Kenali Bedanya Desain UI dan Desain Grafis