Dalam arena bisnis yang kompetitif, salah satu pilar keberhasilan yang paling didambakan adalah meningkatkan repeat order. Dilansir dari laman Gramedia Gramedia, pengertian repeat order sendiri adalah ketika suatu konsumen melakukan pembelian berulang pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis.
Nyatanya, fenomena yang dilakukan oleh konsumen tersebut bukan mencerminkan transaksi semata. Namun, hal ini memiliki makna lebih, yakni konsumen mendapatkan kepuasan yang mendalam. Dengan demikian, repeat order tidak hanya berperan sebagai indikator kinerja bisnis yang amat krusial, tetapi juga fondasi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Berikut adalah 5 tips untuk meningkatkan repeat order guna mencapai stabilitas pendapatan bisnis Anda.
1. Menciptakan Produk dan Layanan Berkualitas
Tidak dapat dimungkiri, kualitas produk dan layanan adalah kunci utama dalam mencapai repeat order yang sukses. Melalui segi kualitas inilah yang mengiring pelanggan dalam mencari nilai yang setimpal dengan uang yang mereka keluarkan untuk produk atau jasa Anda. Perlu diingat, ketika pelanggan mempunyai sejuta pengalaman positif, maka pengalaman inilah yang akan menuntun serta memotivasi mereka untuk kembali, bahkan menjadi pelanggan setia. Lantas, repeat order dapat dicapai dengan memenuhi ekspektasi pelanggan, membangun kepercayan, mengurangi tingkat retur dan keluhan, serta diferensiasi dari pesaing.
2. Memberikan Pelayanan yang Luar Biasa
Guna meningkatkan repeat order suatu bisnis, pelayanan yang luar biasa juga merupakan landasan kokoh. Hal ini dapat dicapai dengan memahami kebutuhan pelanggan, bersikap responsif terhadap pertanyaan dan permintaan, memberikan solusi nyata, dan menjaga konsistensi. Melalui berbagai strategi ini, pelanggan merasa dihargai yang menjadi pengalaman positif mereka. Dampak signifikan tersebut akan merasa terhubung secara emosional yang memungkinkan mereka untuk tetap menjalin hubungan jangka panjang. Selanjutnya, mereka akan cenderung untuk kembali lagi dan lagi untuk membeli produk atau jasa bisnis Anda.
3. Menawarkan Program Membership atau Loyalty
Apabila suatu bisnis ingin melaju, pemilik bisnis sebaiknya menawarkan program membership atau loyalty kepada pelanggan mereka. Program ini terbilang efektif karena tidak hanya memberikan insentif bagi pelanggan untuk kembali, tetapi juga berperan pada aspek emosional pelanggan. Mereka tidak hanya melihat Anda sebagai penyedia produk atau jasa, tetapi juga sebagai mitra yang memberikan manfaat tak ternilai. Alhasil, koneksi akan terbentuk, lebih kuat daripada sekadar pembelian biasa yang dilakukan. Tidak hanya itu, strategi ini akan memicu pelanggan untuk berbelanja lebih sering. Sebab, mereka menyadari bahwa mereka dapat mengakses berbagai manfaat ekslusif, termasuk diskon maupun hadiah. Perlu diingat, program ini tidak hanya memberikan manfaat kepada pelanggan, tetapi juga berkontribusi pada kesuksesan jangka panjang bisnis Anda.
4. Membangun Komunikasi yang Berkelanjutan
Repeat order dapat ditingkatkan melalui komunikasi yang berkelanjutan. Salah satu elemen yang penting ini merupakan upaya dalam membuat perbedaan besar dalam mendorong mereka untuk terus bertransaksi. Bukan rahasia umum lagi, komunikasi yang berkelanjutan adalah proses yang kompleks, Anda sebagai pemilik bisnis harus mampu mengenal karakteristik pelanggan, melakukan personalisasi yang lebih mendalam, dan menggunakan platform yang tepat. Selain itu, repeat order dapat digapai apabila Anda memberikan informasi relevan saat pelanggan mempertimbangkan pembelian maupun setelah pembelian usai. Dalam dunia yang penuh dengan pilihan, komunikasi inilah yang akan bergerak sepanjang siklus pelanggan.
5. Melakukan Pelacakan dan Analisis Repeat Order
Perlu diketahui, pelacakan dan analisis merupakan peluang untuk meningkatkan repeat order. Strategi ini dapat diimplementasikan dengan mengidentifikasi tren, memahami perilaku pelanggan, dan mengambil tindakan lanjut. Beragam data inilah yang mampu memberikan wawasan berharga guna mempertahankan kesetiaan pelanggan. Karena itu, terdapat beberapa pertanyaan yang harus mampu dijawab oleh bisnis Anda. Apakah ada produk atau jasa tertentu yang sering digunakan? Kapan frekuensi pembelian cenderung meningkat? Perlu dicatat, pelacakan dan analisis ini harus disertai dengan umpan balik yang diberikan oleh pelanggan. Umpan balik ini dapat berupa survei, ulasan, maupun interaksi langsung. Harapannya, Anda dapat memahami lebih lanjut mengenai kebutuhan serta harapan pelanggan guna meningkatkan repeat order.
Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah repeat order memiliki signifikansi yang penting dalam dunia bisnis? Jawabannya adalah iya. Sebab, repeat order bukan hanya tentang tindakan transaksi secara berulang oleh pelanggan, tapi tentang membangun hubungan jangka panjang yang menguntungkan. Melalui 5 tips di atas, Anda mampu meningkatkan customer lifetime value dan efisiensi biaya. Tidak hanya itu, bisnis dengan basis pelanggan yang kuat akan memiliki keunggulan dalam persaingan. Sebab, repeat order akan membantu Anda dalam membuat Anda tahan banting terhadap fluktuasi pasar. Dengan inovasi layanan digital bersama PT Otak Kanan, Anda berada di jalur yang tepat mengubah pembeli biasa menjadi penggemar!