Berkat Ikuti Program MSIB Batch 4 di PT Otak Kanan, Mahasiswa Ini Bantu UMKM melalui Sosialisasi Digital Marketing

program msib

Program MSIB – Dalam era ini, teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang mendorong semua aktivitas dilakukan dengan cepat. Perkembangan teknologi juga membuat berbagai aktivitas manusia menjadi lebih mudah, termasuk dalam hal mempromosikan produk atau jasa.

Di masa lalu, pemasaran hanya dilakukan secara tradisional, tetapi sekarang pemasaran dapat dilakukan secara online, yang memungkinkan target audiens yang lebih luas tanpa batasan waktu dan wilayah. Ini yang kita kenal sebagai digital marketing. Secara sederhana, digital marketing adalah kegiatan memasarkan sebuah brand/produk melalui media digital dan internet dengan tujuan menarik konsumen dengan cepat.

Baca juga: Mahasiswa MSIB Batch 4 PT Otak Kanan Indonesia Menggelar Berbuka Bersama Anak Yatim di Yayasan Al Huda

Digital marketing juga bisa diartikan sebagai seni mengelola hubungan dengan manusia melalui media digital, agar konsumen mengetahui, tertarik, membeli, dan membeli kembali, serta merekomendasikan produk kita.

Dengan adanya digital marketing, kita dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tidak terbatas oleh letak geografis. Selain itu, kita juga dapat menentukan target pelanggan berdasarkan pendidikan, pekerjaan, usia, lokasi, hobi, sehingga proses pemasaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Melihat perkembangan teknologi digital yang begitu pesat, pemerintah melihat fenomena ini sebagai peluang untuk mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang kompetitif dan memiliki keunggulan dalam bidang teknologi digital. Oleh karena itu, pemerintah menciptakan program terobosan yang disebut Magang dan Studi Independen Kampus Merdeka.

laporan msib

Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah sebuah inisiatif pemerintah yang terbuka bagi semua mahasiswa yang terdaftar di Perguruan Tinggi di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program magang di industri di berbagai wilayah di Indonesia.

Program MSIB dirancang khusus untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dalam lingkungan industri yang beragam di seluruh Indonesia. Tujuan utama dari program ini adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar bidang studi mereka dan mempersiapkan mereka secara langsung untuk memasuki dunia industri.

Pengalaman Yang Didapat Ketika Mengikuti Program MSIB

Feri Ardiansyah, seorang mahasiswa dari UPN “Veteran” Jatim, berbagi pengalaman tentang keterlibatannya dalam Program Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) sebagai Digital Marketing.

Pada kesempatan tersebut, PT Otak Kanan Surabaya menjadi mitra dalam program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka, di mana perusahaan tersebut mengembangkan berbagai potensi seperti Search Engine Optimization, Sosial Media Marketing, Customer Relationship Management, Data Analytics, Creative Thinking, dan Copywriting & Storytelling.

 

digitalisasi umkm

Berkat pengalamannya pernah mengikuti Program Magang Studi Independen Bersertifikat yang telah diajarkan oelh Mentornya dan Sertifikasi Digital Marketing Mastery PT Kredivo Indonesia, mahasiwa satu ini berbagi pengalaman kepada para pelaku UMKM Kelurahan Medokan Ayu, Kota Surabaya pada tanggal 16 Februari 2023 terakit penguatan digital marketing agar bisa naik kelas.

sosialisasi digital marketing

Feri Ardiansyah, menyatakan bahwa perkembangan teknologi mendorong pelaku usaha untuk terus mengembangkan strategi pemasaran mereka, tidak hanya melalui metode tradisional tetapi juga melalui pemasaran digital.

“Dalam sosialisasi digital marketing ini, pelaku UMKM diajarkan bagaimana mengoptimalkan penggunaan media sosial seperti instagram, facebook dan e-commerce, yang dianggap efektif dan efisien dalam memasarkan produk UKMM setempat sesuai dengan target pasar,” ujarnya.

Menurut Ibu Sozie, yang bertindak sebagai Sekertaris Lurah Kelurahan Medokan Ayu, pelatihan Digital Marketing ini melibatkan seorang mahasiswa yang sudah memepunyai pengalaman dibidang Digital Marketing. Melalui pelatihan ini, diharapkan keterampilan pelaku UMKM dalam berkomunikasi pemasaran melalui konten di media sosial dan e-commerce dapat ditingkatkan.

Baca juga: Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi MBKM Batch 4

sosialisasi digmar

Dengan melalui pelatihan Digital Marketing ini, diharapkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) sekaligus meningkatkan penjualan produk UMKM setempat melalui media sosial dan platform E-commerce yang tersedia. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan seperti analisis manajemen pemasaran, desain, copywriting, dan penggunaan alat-alat digital marketing.

Selain itu, harapan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan seputar digital marketing terkait media sosial dan e-commerce sekaligus pengaplikasikannya kepada masyarakat secara umum dan membantu UMKM dalam melakukan ekspor produk mereka keluar negeri.

Penulis: Feri Ardiansyah

Mahasiswa Manajemen, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami