Tahukah Anda, istilah “metaverse” pertama kali muncul dalam konteks game? Namun, teknologi canggih ini telah berkembang lebih luas dan melibatkan berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pemasaran. Dilansir dari lama Metamandrill, konsep metaverse merujuk pada teknologi maupun program yang menyelaraskan antara dunia fisik dan digital. Apabila ditelaah lebih dalam lagi, teknologi tersebut dapat dikaitkan dengan dunia virtual yang hidup berdampingan dengan dunia fisik, tempat kita bersemayinam saat ini. Sama halnya seperti beragam dunia virtual lain, platform ini akan terus bergantung pada internet sebagai akses utamanya.
Dalam konsep pemasaran, penggunaan teknologi mutakhir yang satu ini pun bervariasi tergantung pada kebutuhan merek. Tidak melulu soal game, berbagai variasi tersebut berpotensi besar dalam sebuah bisnis beroperasi dan berinteraksi. Peluangnya yang luas dapat diadaptasi untuk berbagai industri bisnis dan kampanye pemasaran, meliputi pameran virtual, peluncuran produk virtual, toko virtual, dsb. Lantas, apa saja peluang metaverse dalam dunia pemasaran?
1. Tren Masa Depan Dunia Pemasaran
Tidak dapat dimungkiri, tren metaverse yang kian merajalela di era digital ini memungkinkan sebuah bisnis untuk menciptakan realitas campuran (mixed reality). Dalam konsep pemasaran, realitas campuran sendiri mengacu pada memadukan berbagai unsur dunia nyata dan virtual yang melekat pada pengalaman konsumen. Platform virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) dapat dimanfaatkan sedemikian rupa untuk tetap relevan dan berdaya saing di pasar yang dinamis. Perlu diketahui, bisnis yang tidak mengikuti tren berisiko dalam kehilangan perhatian konsumen. Karena itu, merencanakan strategi pemasaran yang sigap dalam mengantisipasi perubahan sungguh krusial. Sebab, hal ini dapat membantu sebuah bisnis beradaptasi dengan lebih cepat dan efektif di tengah dinamika pasar yang silih berganti.
2. Menciptakan Merek yang Kuat
Beradaptasi dengan teknologi canggih dapat membantu Anda memenuhi harapan konsumen. Apabila tidak mengikuti perkembangan teknologi, maka Anda akan kehilangan peluang untuk memenangkan dan mempertahankan pelanggan. Karena itu, pemasaran melalui metaverse yang terencana dan berfokus dapat dimulai dengan mengidentifikasi merek Anda. Identifikasi ini semestinya disertai dengan visi, misi, dan nilai yang tercermin dalam setiap aspek pemasaran yang dilakukan. Nyatanya, preferensi dan perilaku konsumen dapat berubah seiring berjalannya waktu. Konsumen mungkin mengharapkan pengalaman yang lebih interaktif dan personal di lingkungan virtual. kepuasan konsumen inilah yang harus dipenuhi guna menciptakan merek yang kuat.
3. Inovasi dan Diferensiasi
Seiring perkembangan teknologi, inovasi dan diferensiasi merupakan dua hal yang tak akan pernah lepas dari strategi pemasaran yang signifikan. Metaverse sendiri memungkinkan sebuah bisnis untuk menciptakan pengalaman pemasaran yang imersif dan interaktif. Kecanggihan inovasi platform inilah yang membuat batasan dunia nyata tidak lagi berlaku. Lantas, suatu bisnis dapat membuka pintu untuk kreativitas dengan menciptakan wadah untuk dieksplorasi. Wadah inilah yang kemudian membuat konsumen dapat berinteraksi dengan produk atau jasa secara mendalam. Tidak hanya itu, unsur inovasi dan diferensiasi dapat menjangkau audiens global tanpa batas fisik, sebagai bentuk pembeda dengan bisnis lainnya. Bisnis yang mampu memanfaatkan teknologi digital ini dengan bijak lah yang akan memberikan pengalaman menarik bagi konsumen.
4. Peluang Bisnis Baru
Mengadopsi metaverse dalam dunia pemasaran mampu membuka sejumlah peluang bisnis baru yang menguntungkan. Faktanya, platform tersebut dapat berperan sebagai ruang untuk sebuah bisnis melakukan kampanye pemasaran serta berinteraksi dengan konsumen. Seiring perkembangan teknologi, usaha di bidang digital akan semakin dilirik oleh para pebisnis. Perlu diingat, usaha digital juga berkaitan erat dengan pemasaran produk tanpa wujud. Bahkan, beberapa perusahaan ternama pun telah terlibat dengan metaverse, yaitu, Samsung, Microsoft, Meta, Google, Adidas, dsb. Meskipun pengembangannya masih dalam tahap pertumbuhan, teknologi yang satu ini kelak akan menjadi unsur penting dalam dunia pemasaran.
5. Menavigasi Pengalaman Visual Metaverse
Pendekatan yang strategis dalam menavigasi pengalaman visual dapat memberikan dampak yang signifikan. Hal ini dapat dicapai dengan merancang lingkungan virtual yang menarik. Selanjutnya, rancangan visual ini harus mampu menggambarkan merek atau pesan Anda dengan jelas. Dengan demikian, desain visual, tata letak, dan elemen interaktif yang akan melibatkan audiens. Selain itu, pengalaman visual dalam metaverse sebaiknya mengandung grafis 3D, animasi, dan efek khusus untuk memperkaya pengalaman audiens. Tidak hanya itu, fitur yang mencakup tombol, tautan, atau objek yang memicu respons audiens. Seluruh kombinasi tentunya harus sejalan dengan strategi pemasaran guna membangun konsistensi merek.
Dalam dunia yang terus berkembang ini, konsep metaverse telah mengambil peran lebih daripada sekadar game virtual semata. Dapat dilihat, peluang teknologi digital yang satu ini dalam dunia pemasaran sangat menarik karena merupakan platform inovasi, kolaborasi dan pertumbuhan suatu bisnis. Sebab, ruang kerja virtual inilah yang mampu menghubungkan bisnis dan pelanggan lintas benua. Sejatinya, peluang ini tak boleh diabaikan. Dengan semangat inovasi dan kepemimpinan yang kuat, Anda dapat mengarahkan peluang teknologi tersebut dalam dunia pemasaran lebih lanjut. Siapkah Anda melangkah untuk mengambil peluang bisnis berbasis metaverse?
Jika Anda tertarik untuk menjelajahi lebih dalam terkait strategi pemasaran digital lainnya, telusuri PT Otak Kanan sebagai solusi bisnis yang menjanjinkan!