Berhasil Dampingi Optimasi Digital Marketing, Mahasiswa MSIB Batch 6 PT. Otak Kanan Bantu Petani Lokal Go Digital

Berhasil Dampingi Optimasi Digital Marketing, Mahasiswa MSIB Batch 6 PT. Otak Kanan Bantu Petani Lokal Go Digital

Peningkatan teknologi telah membuka peluang baru bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meraih pasar yang lebih luas. Namun, bagi sebagian petani lokal dan pengusaha kecil, memasuki dunia digital dapat menjadi tantangan baru dalam menghadapi potensi digital ini.

Para mahasiswa melakukan pendampingan optimasi digital marketing untuk UMKM Madu Moriyya dengan tujuan membantu petani lokal agar bisa bersaing di era digital. Melalui pendampingan ini, UMKM Madu Moriyya dapat meningkatkan visibilitasnya di dunia digital serta menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Petani lokal dan UMKM sering kali memiliki keterbatasan pengetahuan dan sumber daya untuk memanfaatkan platform digital. Hal ini mengakibatkan keterbatasan akses pasar dan kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka.

Madu Moriyya, sebagai salah satu UMKM yang menghadapi tantangan serupa, membutuhkan bantuan dalam memperluas jangkauan digital agar bisa merambah sampai pasar internasional. Madu Moriyya merupakan UMKM lokal yang memiliki produk utama yaitu madu asli hutan Sumatera yang diambil dari petani lokal setempat.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menggunakan platform digital seperti internet, media sosial, dan perangkat mobile untuk mempromosikan produk atau layanan kepada audiens target. Ini mencakup berbagai teknik seperti SEO (Search Engine Optimization), media sosial marketing, Copywriting, WordPress Development, Desain Grafis, dan konten digital lainnya.

di sisi lain, digital marketing merujuk pada transformasi proses bisnis dari tradisional ke digital. Tentunya hal ini melibatkan penggunaan teknologi informasi untuk mengotomatisasi tugas-tugas, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan aksesibilitas data dan informasi.

Baca Juga: Alasan Digital Marketing Merupakan Solusi Tepat untuk Bisnis

Tantangan Madu Moriyya Dalam Proses Digitalisasi

Berhasil Dampingi Optimasi Digital Marketing, Mahasiswa MSIB Batch 6 PT. Otak Kanan Bantu Petani Lokal Go Digital

Madu Moriyya, sebagai UMKM dengan latar belakang pertanian, mungkin memiliki keterbatasan pengetahuan tentang teknologi digital. Mereka mungkin tidak memiliki pemahaman yang cukup tentang penggunaan internet, media sosial, atau alat-alat digital lainnya yang dapat mendukung pemasaran dan penjualan produk.

Pasar digital sering kali sangat kompetitif, dengan banyak pesaing yang berlomba-lomba untuk menarik perhatian pelanggan. Madu Moriyya mungkin menghadapi kesulitan untuk bisa fokus dan terus konsisten dalam mengelola media sosial karena memang fokus pada proses produksi.

Di sinilah peran mahasiswa MSIB Batch 6 dari PT. Otak Kanan sangat dibutuhkan untuk membantu petani lokal go digital dengan melakukan pendampingan untuk mengoptimalkan digital marketing UMKM Madu Moriyya.

Peran Mahasiswa MSIB Batch 6 PT. Otak Kanan Dalam Digitalisasi UMKM Madu Moriyya

Mahasiswa MSIB Batch 6 dari PT. Otak Kanan memahami pentingnya digital marketing dalam meningkatkan eksposur dan penjualan bagi UMKM seperti Madu Moriyya. Mahasiswa-mahasiswa ini telah membawa pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan platform digital untuk membantu UMKM memanfaatkan teknologi secara efektif.

Melalui pendampingan tersebut, UMKM Madu Moriyya dapat memperluas cakupan pasar, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan brand awareness di ranah digital. Berikut ini merupakan daftar mahasiswa yang menjadi tim digital marketing PT. Otak Kanan pada project UMKM Madu Moriyya.

Nama Posisi Magang Asal Kampus
Tiara Martha Asnadhinata SEO Specialist Universitas Brawijaya
Dhenok Sagita Noer SEO Specialist Universitas Telkom
Rizqi Aprilia Dara P Copywriting UPN Veteran Jawa Timur
Febilla Parindra Copywriting UPN Veteran Jawa Timur
Mohammad Rofiudin Bilad Graphic Designer Universitas Brawijaya
M. Amran Murba Aristo Graphic Designer Universitas Airlangga
Ainiessavira Putri Rizki Social Media Specialist Universitas Airlangga
Muhammad Basid Social Media Specialist Universitas Jember
Noor Rizky Video Editor & Cinematic Shoot Services Universitas Negeri Surabaya
M. Nysbahrul Rendyanto Website Developer Universitas Narotama Surabaya

 

Untuk mengetahui penjelasan lebih detail terkait apa saja langkah yang dilakukan oleh tim digital marketing, Berikut ini peran oleh masing-masing jobdesc yang dilakukan mahasiswa MSIB Batch 6 dalam optimasi digital marketing. Penasaran apa saja? Yuk simak informasi berikut ini!

Baca Juga: 5 Tips Influencer Marketing untuk Membangun Brand Awareness

1. SEO Specialist

Berhasil Dampingi Optimasi Digital Marketing, Mahasiswa MSIB Batch 6 PT. Otak Kanan Bantu Petani Lokal Go Digital

Seorang SEO (Search Engine Optimization) Specialist memiliki peran kunci dalam membantu website Madu Moriyya untuk meningkatkan visibilitas online di mesin pencari seperti Google. Berikut adalah beberapa tugas utama seorang SEO Specialist dalam optimasi digital marketing Madu Moriyya:

  • Melakukan Analisis Kata Kunci

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam optimasi digital marketing terutama dalam konteks SEO adalah melakukan riset kata kunci yang relevan dan paling dicari oleh target audiens. Karena UMKM ini produk utamanya madu jadi perlu dilakukan analisis kata kunci secara mendalam yang masih bersangkutan tentang madu.

Untuk membantu proses riset keyword tersebut, Tim Digital Marketing menggunakan beberapa tools gratis seperti Google trend, Ahrefs, Semrush, serta dari pencarian Google secara langsung. Tools tersebut dapat membantu mencari tahu kata kunci apa yang sedang banyak dicari hingga mengetahui jumlah volume keyword.

  • Membuat SILO Artikel

SILO Artikel adalah serangkaian artikel yang dirancang untuk mengorganisir dan mengkategorikan konten di situs web Madu Moriyya secara terstruktur berdasarkan topik atau kata kunci tertentu. Tim SEO akan menentukan konten pillar dan konten standart yang akan dibahas dalam setiap SILO artikel.

Perbedaan antara konten pillar dan konten standart terletak pada jumlah kata dan topik yang dibahas lebih menyeluruh. Sedangkan untuk konten standart topik yang dibahas lebih spesifik yang berfungsi untuk mendukung konten pillar.

  • Optimasi On Page

Setiap SILO Artikel juga harus dioptimalkan secara on-page, termasuk penggunaan kata kunci dalam judul, meta deskripsi, heading, struktur URL, dan konten artikel. SEO Specialist memastikan bahwa struktur SILO dan tautan internal diatur dengan baik untuk membantu mesin pencari memahami hierarki konten.

2. Copywriter

Sebagai seorang Copywriter dalam proyek optimalisasi digital marketing untuk Madu Moriyya, tugas Copywriter adalah menciptakan konten-konten yang menarik dan persuasif untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk Madu Moriyya.

  • Membuat Copywriting untuk Landing Page

Seorang Copywriter dalam digital marketing memiliki tugas utama dalam menciptakan copywriting yang efektif untuk landing page. Pesan yang disampaikan harus menarik, informatif, dan memikat. Tidak hanya memperkenalkan produk namun juga mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian.

  • Menyusun Script Konten untuk Project Youtube

Selain itu seorang Copywriter dalam digital marketing bertugas menyusun script konten untuk proyek YouTube Madu Moriyya. Mereka mengembangkan narasi menarik, membangun kesadaran merek, dan mendorong interaksi dengan audiens.

Dengan memperhatikan aspek kreativitas dan optimasi SEO, Copywriter membantu menciptakan konten YouTube yang efektif dalam memenuhi tujuan pemasaran.

3. Graphic Designer

Berhasil Dampingi Optimasi Digital Marketing, Mahasiswa MSIB Batch 6 PT. Otak Kanan Bantu Petani Lokal Go Digital

Sebagai tim creative yang bertugas menjadi Graphic Designer tentunya memainkan peran penting dalam meningkatkan visualisasi brand untuk membantu bisnis UMKM Madu Moriyya dapat berkembang.

  • Melakukan Photoshoot Produk

Sebelum melakukan eksekusi brief dari content creator ke dalam bentuk gambar, Tim desain grafis pertama-tama menyiapkan foto produk dari UMKM sebagai aset marketing terlebih dahulu yang nantinya bisa digunakan untuk membangun brand awareness perusahaan mitra UMKM secara berkelanjutan.

graphic designer akan menggunakan foto produk yang telah diedit dalam berbagai materi pemasaran seperti situs web, media sosial, brosur, katalog, dan materi cetak lainnya.

  • Merancang Desain untuk Semua Konten Madu Moriyya

Sebagai graphic designer Madu Moriyya, tugasnya mencakup merancang desain infografis, poster, pricelist, dan banner untuk media sosial. Tim ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa desain-desain tersebut mencerminkan nilai dan pesan merek secara konsisten, serta menarik perhatian target audiens.

Selain itu, graphic designer juga mengembangkan konten visual untuk situs web Madu Moriyya, termasuk gambar latar belakang, ilustrasi, dan grafik lainnya. Dengan memelihara konsistensi branding yang kuat di semua platform, Graphic Designer membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan memperkuat kesan merek di mata konsumen.

4. Social Media Specialist

Dalam ditigal marketing, seorang Social Media Specialist memiliki tanggung jawab penting dalam mengelola dan mempertahankan keberadaan serta interaksi Madu Moriyya di platform media sosial. Berikut adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh seorang Social Media Specialist dalam konteks Madu Moriyya:

  • Membuat Content Planning

Proses pembuatan content planning dimulai dengan membuat tabel konten di spreadsheet lalu mencari ide-ide konten sesuai dengan gaya promosi Madu Moriyya dan menentukan jadwal posting yang terstruktur dan konsisten. Setelah menuliskan ide konten tim sosmed specialist mulai menuliskan brief untuk diteruskan ke Graphic Designer.

Setelah design jadi dan caption yang telah dibuat oleh copywriting siap, langsung kita posting di Instagram Sevensoy.

  • Membuat Video Ads Creative
Dimulai dengan mencari inspirasi iklan-iklan di facebook ads dan TikTok ads lalu mulai membuat brief dan langsung mengeksekusi video dengan take video, voice over, dan editing. Sebelum dipublikasikan, video ads kembali dioptimalkan agar sesuai dengan persyaratan dan format yang diperlukan oleh platform media sosial tertentu.

5. Video Editor & Cinematic Shoot Services

Peran sebagai editor video adalah menciptakan karya-karya menarik untuk klien, termasuk proyek-proyek seperti video pendek, pengambilan gambar sinematik, dan konten untuk saluran YouTube. Berikut adalah penjelasan singkat terkait tugas video editor dalam digital marketing.

  • Membuat Konten Visual

Video Editor bertanggung jawab untuk membuat konten visual yang menarik dan berkualitas tinggi, termasuk editing video, penggunaan efek khusus, dan pengaturan suara.

  • Pemilihan Tema Visual

Seperti halnya dengan tema WordPress dalam pembuatan situs web, saya memilih tema visual yang sesuai dengan gaya dan pesan yang ingin disampaikan oleh klien.

  • Penggunaan Plugin

Seperti pengembangan plugin dalam WordPress, saya juga menggunakan berbagai alat bantu seperti Premiere Pro dan Capcut untuk memperluas fungsionalitas dan kreativitas dalam proses editing.

  • Software untuk Mendukung Proses Editing 

Video Editor dalam hal ini menggunakan perangkat lunak seperti Premiere Pro untuk editing dan Capcut untuk mempermudah pembuatan konten visual.

6. Website Developer

Tim WordPress Devolepment merupakan salah satu bagian yang penting bagi meningkatkan digitalisasi branding dari suatu UMKM untuk bisa berkembang. Penasaran apa aja sih tugas dari seorang website developer?

Dalam membuat desain landing page UMKM Madu Moriyya diperlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan yaitu meliputi:

  •  Pengembangan Tema

Tema WordPress mengontrol tampilan visual sebuah situs web. Pengembang dapat membuat tema kustom dari awal atau memodifikasi yang sudah ada untuk memenuhi persyaratan desain tertentu.

  • Pengembangan Plugin

Plugin memperluas fungsionalitas sebuah situs web WordPress. Pengembang dapat membuat plugin kustom untuk menambahkan fitur baru, meningkatkan fungsionalitas yang sudah ada, atau mengintegrasikan dengan layanan pihak ketiga.

  • Penyesuaian 

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menyesuaian dari plugin template elementor dengan desain UMKM. Adapun tolls yang digunakan untuk membuat desain landing page adalah WordPress dan elementor.

Baca Juga: 12 Strategi untuk Sukses di Era Online : Dinamika Pemasaran Digital

Inisiatif mahasiswa MSIB Batch 6 dari PT. Otak Kanan dalam melakukan pendampingan optimasi digital marketing bagi UMKM Madu Moriyya tidak hanya memberikan manfaat bagi bisnis tersebut, tetapi juga menjadi contoh inspiratif bagi upaya pemberdayaan ekonomi lokal melalui teknologi digital.

Dukungan semacam ini dapat memperkuat peran mahasiswa sebagai agen perubahan positif dalam masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami