Program MSIB – Pembuatan content plan harus sangat diperhatikan pada saat proses konten dibuat hingga proses upload selesai di media sosial. Saat ini banyak sekali macam sosial media yang tersedia. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lainnya. Sebagai media promosi oleh para brand dan perusahaan, Instagram masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan. Instagram memiliki berbagai macam fitur yang disediakan sebagai bentuk promosi yang efektif dengan menunjukkan sisi visual mulai dari bentuk foto, video reels, carousel, dan stories. Tak hanya itu, Instagram juga bisa dialihkan menjadi akun bisnis untuk mendukung kegiatan promosi sekaligus bisa melihat dan mengecek hasil engagement yang nantinya bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk setiap konten yang sudah di upload.
Berkesempatan mengikuti program MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) di PT. Otak Kanan yang tergabung dalam team Social Media Marketing terdapat beberapa hal yang harus dipelajari dan diterapkan selama kegiatan Magang berlangsung.
Dengan hal itu, untuk bisa mendapatkan konten Instagram yang baik terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan, termasuk pembuatan content plan yang jelas dan mudah dimengerti. Berikut terdapat lima langkah dalam pembuatan content plan Instagram yang telah mahasiswa pelajari dan lakukan dalam setiap pembuatan konten Instagram pada PT. Otak Kanan.
1. Membuat Goals
Pertama kali dalam membuat konten, hal yang harus diketahui adalah tujuan yang jelas dari konten Instagram yang nantinya akan dibuat. Apakah tujuannya untuk mendapatkan followers baru, menghibur audiens, atau menggiring pengguna lain untuk mengunjungi website atau situs tertentu. Untuk menentukan goals, perlu dilakukan brainstorming dengan anggota tim terlebih dahulu dengan memikirkan topik apa yang tepat dan sesuai untuk konten di Instagram.
Baca juga: Strategi Konten Social Media Pada Tiktok PT Otak Kanan Dalam Kegiatan MSIB Batch 4
2. Membuat Content Calendar (Penjadwalan)
Dalam pembuatan konten pada Instagram PT. Otak Kanan, mahasiswa selalu membuat konten kalender untuk penjadwalan posting dalam rentang waktu bulanan. Pembuatan konten kalender sangat membantu dalam menemukan ide-ide konten dan dapat membantu menemukan celah apabila terdapat kekurangan dari konten sebelumnya. Selain itu, postingan konten juga akan lebih konsisten dan terjadwal dengan rapi. Tak hanya mempermudah dalam hal penjadwalan postingan, pembuatan konten kalender juga harus meliputi jenis konten apa yang akan dibuat, apakah dalam bentuk foto atau video.
3. Menggunakan Hashtag yang Relevan
Salah satu hal yang penting dalam pembuatan content plan yaitu penggunaan hashtag yang sesuai dengan konten yang akan di upload. Sebagai contoh, jika ingin memposting konten tentang Digital Marketing, penggunaan hashtag yang relevan bisa seperti #SEO, #copywriterr, #marketing, dan sejenisnya. Dalam mengupload konten di Instagram, mahasiswa menggunakan hashtag yang berhubungan dengan konten yang akan di upload. Tidak melulu menggunakan hashtag trending saja, namun harus tetap di dalam satu industri yang sama.
4. Memposting pada Waktu yang Tepat
Pembuatan content plan juga harus memperhatikan waktu tepat untuk posting. Saat ini, konten yang di upload tidak harus di jam 7 malam atau di jam tertentu sesuai strategi lama. Untuk mengetahui kapan audiens lebih sering aktif menggunakan Instagram, peserta MSIB di PT. Otak Kanan telah mengandalkan fitur yang tersedia yaitu dengan melakukan tracking waktu aktif audiens dan melakukan analisis, yaitu audiens instagram PT. Otak Kanan lebih aktif pada pukul 3 sore hingga 6 malam. Dengan hal itu, mahasiswa selalu mengupload konten di Instagram pada jam tersebut agar postingan lebih naik dan mendapatkan engagement yang lebih tinggi.
5. Evaluasi Hasil Konten
Setelah memposting konten yang sudah disiapkan pada content plan Instagram, langkah selanjutnya yaitu mengevalusi hasil konten yang sudah terupload. Terdapat beberapa poin yang perlu menjadi bahan pertimbangan seperti, jumlah engagement, reach, like, follow, share, comment, dan save. Poin-poin tersebut menjadi parameter seberapa sukses konten yang sudah dibuat dalam meraih goals. Selain itu juga bisa mengetahui pencapaian poin mana yang paling tinggi dan paling rendah. Dengan melakukan evaluasi, untuk pembuatan content plan di bulan selanjutnya akan lebih mudah dan teratur dan menjadi lebih tau apabila terdapat kesalahan yang terjadi pada pembuatan konten sebelumya.
Itulah lima langkah dalam pembuatan content plan yang efektif dan mudah yang telah dipelajari dan diterapkan oleh mahasiswa peserta MSIB di PT. Otak Kanan dalam pembuatan konten di Instagram selama kegiatan magang berlangsung ini. Pembuatan content plan harus dilakukan dengan konsisten agar bisa melihat perkembangan secara perlahan atau bahkan langsung naik secara signifikan.
Penulis: Nada Fitra Nabila
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur