Program MSIB – Strategi konten saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi seseorang ketika ingin membuat suatu konten. Namun, terkadang saat ingin membuat sebuah konten sering merasa kebingungan harus memulai darimana karena banyaknya perkembangan teknologi yang menuntut untuk bisa menciptakan konten sebanyak-banyaknya.
Media sosial di era digital ini telah menjadi sebuah alat penting bagi sebuah bisnis maupun individu untuk bisa terhubung dengan audiens dan mempromosikan merek meraka.
Namun, tentunya dalam menciptakan sebuah konten tidak semudah itu, tanpa sebuah strategi konten maka akan kesulitan dalam melakukan persaingan dengan produk lain yang menjadi saingan Anda.
Strategi Konten
Membuat sebuah strategi konten media sosial mungkin menjadi hal yang menakutkan apabila belum mengetahui bagaimana cara kerja dalam membuat konten, tetapi dengan pelaksanaan yang sesuai, strategi bisa menjadi alat yang ampuh untuk membantu untuk mencapai tujuan.
Media sosial sudah menghadirkan berbagai fitur yang memudahkan seseorang untuk mengetahui target audience dan konten apa yang dibutuhkan untuk membantu menciptakan sebuah konten yang berkualitas.
Kehadiran strategi konten dapat membantu untuk menentukan konten apa yang sekiranya dapat memikat target audience dan membuat mereka tertarik pada produk dan layanan yang ditawarkan.
Strategi konten adalah rencana untuk pembuatan konten social media dengan tujuan untuk mendapatkan sesuai dengan keinginan, misalnya promosi sebuah produk atau memberikan edukasi kepada konsumen.
Kesuksesan strategi konten nantinya akan memikat target audience untuk berinteraksi dalam media sosial sehingga dapat membangun brand awareness terhadap suatu produk yang dipasarkan.
Dalam hal ini Salsa Billa Frisanti Sanin salah satu mahasiswa Universitas Pembangunan Nasioanl “Veteran” Jawa Timur, prodi Ilmu Komunikasi yang mengikuti program MSIB (Magang, Studi Independen Bersertifikat) di perusahaan PT. Otak Kanan yang tergabung dalam bagian Sosial Media Marketing, menjadi peluang menambah pengalaman dan pengetahuan mengenai dunia digital terutama dalam memproduksi sebuah strategi konten.
Media sosial yang digunakan untuk menerapkan sebuah strategi konten pada kali ini merupakan aplikasi Tiktok. PT Otak Kanan memiliki tiktok dengan username @otakkanansby memiliki 117 pengikut, akun tiktok ini dibuat saat mahasiswa melakukan magang di perusahaan ini, sehingga masih disebut dengan akun baru karena belum memiliki pengikut.
Adapun beberapa strategi konten yang mahasiswa terapkan untuk melakukan promosi, membangun brand awareness, hingga mendapatkan pengikut, diantaranya:
-
Perencanaan Pembuatan Konten
Hal pertama untuk melakukan strategi konten dalam melakukan produksi sebuah konten adalah mengetahui perencanaan konten yang akan dibuat. Mahasiswa saat menjalankan akun media sosial tiktok hal pertama dlam penerapan strategi yang dilakukan adalah mengetahui target atau produk yang akan dipasarkan. PT Otak Kanan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Layanan Digital.
Mahasiswa memutuskan melakukan strategi konten untuk membawa media sosial tiktok untuk mengarahkan pada bidang digital. Mahasiswa melakukan perencanaan konten yang sesuai dengan segmentasi audiens, lalu jenis konten yang dibuat yaitu berupa edukasi, tips and trick, hingga konten entertaint yang memuat hiburan maupun mengikuti trend.
Perencanaan konten tentunya membantu mahasiswa dalam membuat strategi konten untuk membuat konten kalender, skrip serta produksi konten.
-
Produksi Konten
Setelah melakukan perencanaan pembuatan konten, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh mahasiswa adalah memproduksi konten.
Dalam produksi konten mahasiswa melakukan pemilihan mulai dari bagaimana cara pengembilan video hingga proses editing. Dalam produksinya mahasiswa juga berperan menjadi talent dalam video yang di produksi, tak hanya itu mahasiswa juga mencari talent dari mahasiswa magang lainnya tujuannya agar audiens tidak merasa bosan ketika melihat konten yang dihadirkan.
Setelah melakukan produksi konten, mahasiswa juga berperan dalam melakukan editing konten video yang telah dibuat. Saat melakukan editing mahasiswa menyesuaikan jenis konten dalam bentuk isi video, tulisan, hingga efek suara yang digunakan agar membuat konten semakin lebih hidup dan menarik minat audiens untuk melihat video yang dihasilkan.
-
Evaluasi Konten
Strategi konten terakhir yang mahasiswa lakukan dalam pembuatan konten yaitu evaluasi.
Evaluasi dilakukan agar mengetahui lebih lanjut jenis konten yang dibutuhkan oleh audiens sebagai target pasar perusahaan PT Otak Kanan. Mahasiswa melakukan evaluasi dengan cara dilihat bagaimana viewers dalam konten tersebut semakin banyak yang melihat maka dianggap konten tersebut menjadi konten yang disukai oleh audience.
Setelah mengetahui konten apa yang dibutuhkan maka semakin mempermudah mahasiswa untuk kedepannya membuat konten yang seperti apa.
Selain melakukan strategi konten, masih banyak hal yang bisa dipelajari selama magang di PT Otak Kanan, bagaimana menciptakan konten yang baik, hingga melakukan kegiatan digital marketing lainnya.
Hal ini tentunya dapat memberikan pengalaman yang luar biasa, sehingga mampu meningkatkan skill tidak hanya dalam individu namun juga teamwork untul bekal memasuki dunia kerja yang akan dihadapi nantinya setelah mahasiswa lulus perguruan tinggi.
Penulis: Salsa Billa Frisanti Sanin
Mahasiswi Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur